Berita
Cerdas dan Bijak Berinternet dengan 4 Pilar Literasi Digital

www.primalinknet.id - 11/05/2023

 

Seiring dengan angka penetrasi internet di Indonesia yang terus bertumbuh, pemerintah melalui Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) menggencarkan program literasi digital secara nasional.

Dilansir dari Media Indonesia, literasi digital merupakan pengetahuan dan keterampilan menggunakan media digital untuk menemukan, menghasilkan, dan memanfaatkan informasi secara cermat, bijak, dan taat hukum.  

 

Merujuk pada situs web Kominfo, literasi digital dapat direalisasikan melalui empat pilar utama, yakni digital skills (kecakapan digital), digital culture (budaya digital), digital ethics (etika digital), dan digital safety (keamanan digital). 

 

Seperti apa penjelasan selengkapnya? Yuk, baca lebih lengkap informasinya di bawah ini!

 

Digital Skills

Kemampuan untuk memahami dan menggunakan perangkat digital, baik hardware maupun software.  

 

Digital Culture

Kemampuan untuk peka dan memerhatikan nilai-nilai Pancasila, kebhinekaan, dan kebangsaan dalam melakukan aktivitas di ruang digital. 

 

Digital Ethics

Kemampuan untuk menyadari dan mempertimbangkan etika dalam melakukan aktivitas di ruang digital. 

 

Digital Safety 

Kemampuan untuk mengenali, menerapkan, dan meningkatkan kesadaran perlindungan data pribadi dan keamanan digital. 

 

Sahabat, itulah empat pilar literasi digital yang perlu dikuasai untuk mewujudkan masyarakat yang cerdas dan cermat berinternet. 

 

Di tengah masifnya pertumbuhan pengguna internet seperti sekarang, PRIMALINKnet menawarkan koneksi internet berkecepatan tinggi dan stabil dengan teknologi 100% fiber optic. Tersedia dalam paket Bisnis Pro (dedicated bandwidth) dan Bisnis Lite (broadband bandwidth), PRIMALINKnet mendukung digitalisasi bisnis agar dapat beroperasi dengan lebih efektif! 

 

Klik di sini untuk konsultasi dan penawaran menarik!